Senin, 07 Maret 2022

Menilis diKala Sakit


Bismillahirrahmanirrahim.
Materi ke 22 dengan Narasumber hebat yaitu Suharto, M.Pd. beliau biasa disapa dengan sebutan Cang Ato. Malam ini Cang Ato ditemani Moderator terkenal yaitu Ust.Dail Ma'ruf.

Cang Ato dikala sakit dirimu selalu semangat dan mensyukuri nikmat dengan tetap menjalankan kegiatan hari-hari nya. Saya sangat kagum terhadap beliau, hari-harinya penuh makna dan membuat karya tulis berupa Buku-buku yang banyak diburu masyarakat untuk menjadi kan referensi.

Allah telah memberikan jodoh yang sesuai untuk Cang Ato, istri yang sayang dan pengertian dan dikaruniai anak yang Sholeha, sabar dan kuat. Selalu memberikan semangat kepada ayahnya untuk pemulihan.

Belajar dari kekurangan yaitu kondisi sakit yang cukup lama, namun semangat Cang tetap berkobar untuk mencoba recek Facebook dan bangkit semangatnya mulai menulis dengan memposting kondisi kesehatannya. 

Cang Ato menulis sesuai kisah nyata. Ada yang aneh dimalam ini.. kenapa ada kesamaan kejadian nya dengan diri saya. Materi yang Cang Ato sampaikan, saya belum mendapatkan tetapi tulisan saya sudah ada 2 hari di kompasiana.com bercerita tentang perjalanan hidup dengan dikemas dalam bentuk Cerpen. 

Cang Ato menulis hampir setiap hari, dimulai sejak Cang sakit hampir 1,5 Tahun. Cang terus menulis, sejak masa pandemi datang Cang tidak bisa tidur sebelum mendapatkan ide untuk menuls.
Inilah karya Cang Ato;
Daftar buku solo.
1. Mengejar Azan (dua bulan sebelum sakit) 2018
2. GBS Menyerangku 2020
3. Menuju Pribadi Unggul2020
4. Kompilasi kisah inspiratif 2021
5. Belajar tak bertepi 2021
6. Aisyeh Menunggu cinta (Roman Betawi)2021
7. Menepis kesulitan menulis 2021
8. Gadis pemikat (cerpen) 2022
9. Kado khusus sang bintang (motivasi belajar)2022
10. Lentera Ramadan 2022

Sedang digarap
11. Catatan harian guru blogger madrasah
12. Cing Ato Belajar pantun
13. Cing Ato Belajar puisi
14. Menulis dikala Sakit.

Cang Ato kuat banget nulisnya, apa motivasinya?
1). Untuk menambah amal ibadah.
Di saat tak berdaya saya berpikir. Apa ya yang bisa menambah amal ibadah pada saat saya sakit. Waktu sehat saya sering khutbah, ceramah, menjadi motivator untuk peserta didik. Setelah berpikir, kenapa saya tidak menulis saja di medsos. Akhirnya saya menulis tentang karakter yang berkaitan membangun diri menjadi manusia unggul. 

Alhamdulillah, banyak yang memberikan Apresiasi dan menunggu-nunggu kehadiran tulisan berikutnya. Dari menulis inilah Tuhan memberikan apa yang saya tidak duga. Justru disaat sakit saya mendapatkannya;
1. Saya kebanjiran teman yang ingin bersahabat
2. Banyak yang konsultasi tentang menulis
3. Dapat panggilan menulis dari adik saya di Pusdatin ( gara-gara dia melihat dan membaca tulisan-tulisan saya di medsos)
4. Kedatangan para yuotuber
5. Menjadi narasumber pada pelatihan di KSGN PGRI
6. Mendapatkan penghargaan dari Bang Jafar DKI sebagai "Pahlawan pendidikan" Jakarta.
7. Banyak teman kerja dan teman medsos yang membuat buku.

2). Untuk kenaikan pangkat
    Kebetulan saya sudah terlambat naik pangkat karena sibuk kuliah dan sakit. Teman-teman saya sudah mau ke-IV b saya masih di III d. Alhamdulillah Januari ini saya mengajukan kenaikan ke IVa dengan menyertakan 1 PTK dan 6 buku solo.

3). Untuk kebanggaan/ motivasi/ inspirasi.
     Agar anak-anak saya yang sedang menimba ilmu di pondok punya kebanggaan terhadap ayahnya. Setidaknya dalam hatinya ayah yang sedang sakit saja masih punya semangat untuk belajar dan berkarya. Begitu juga untuk memberikan inspirasi kepada teman-teman untuk bergerak dan keluar dari zona nyamannya.

4). Untuk mengabadikan ilmu yang dimiliki agar tidak hilang ditelan waktu. Maklum hafalan atau ingatan terkadang lupa, maka itu perlu dipatri di dalam sebuah ikatan yaitu buku. Itu semua yang membuat  bertambah semangat untuk terus menyelesaikan tulisan demi tulisan.

Cang Ato, keahlian tidak hanya dibidang menulis saja, tapi ada keahlian khusus lainnya bidang desain cover buku, flayer, layout buku. Keahlian bidang desain cover di peroleh hasil mengikuti pelatihan *canva* berbayar. 

Cang Ato juga banyak membantu teman-teman  untuk membuat cover bukunya tanpa ada pembayaran (free)

Alhamdulillah, Cang dipercaya membantu untuk membuat desain cover buku dan flayer di Penerbit YPTD. Dan ini pun sifatnya tetap Gratis. Saya sebagai peserta pelatihan sangat bersyukur karena Cang Ato bersedia membantu rekan-rekan dalam pembuatan cover bukunya. Terima kasih Cang, barokallah. Kebaikan Cang sebagi amal dunia akhirat.

Jika rekan-rekan peserta pelatihan BM PGRI mau belajar otodidak tentang canva silahkan lihat di yuotube Cang. Chanel "Suharto MTsN 5 Jakarta" 

Menurut Cang Ato, menulis bagi pemula itu sulit, mungkin bagi pemula belum tau ilmunya ya Cang .. Mereka bilang mudah karena mereka sudah punya pengalaman. Yang sering menulis saja terkadang masih mengalami kesulitan dalam menulis. Apalagi bagi pemula, iyaiyaiya 😀

Tanya kalau tidak percaya kepada teman-teman yang belum pernah menulis. Atau ajak mereka menulis. Pasti mereka bilang saya tidak bisa menulis, saya tidak berbakat, saya bingung menulis apa, dan sejumlah lontaran alasan lainnya.

Saya (Cang Ato) juga dulu pernah seperti itu, tapi tidak diam saja. Selalu berusaha untuk tahu rahasia menulis. Maka itu, berusaha mencari pelatihan menulis. Bertemulah Cang dengan pria gempal lalu bertanya kepadanya dan pertanyaan saya dianggap bagus sehingga mendapatkan hadiah dari beliau. Nah lihat saja siapa pria gempal itu.🙏🙏🙏

Pertanyaannya sederhana sekali."pak saya bingung untuk menulis, bagaimana cara untuk mengawalinya dan mengakhirinya? Terus apa yang saya harus tulis? Ya, begitulah di antara bunyi pertanyaannya.

Beliau menjawab.
1. Tulis apa yang kita bisa dan kuasai
2. Tulis apa yang pernah kita alami dan rasakan.
3. Tulis apa yang ada di sekitar kita.
4. Gunakan bahasa yang sederhana yang terpenting pesan tersampaikan.
5. Dll

Setelah ketemu kuncinya. diawali menulis apa yang pernah saya alami dan rasakan. Tulislah buku memori tentang  menuntut ilmu dari sejak tingkat SD sampai menjadi guru ASN di kementerian agama. Jadilah buku "Mengejar Azan" dan "GBS Menyerangku". Wow keren banget Cang

Akhirnya, setelah mengetahui kuncinya ternyata menulis itu menjadi mudah. Maka itu, saya menulis buku "Menepis Kesulitan Menulis" buku ini cocok untuk penulis pemula. Segera miliki,😀😀😀👍👍

Jadi ketika orang tidak bisa menulis, karena belum mendapatkan kuncinya. Jika sudah mendapatkan, maka dengan kunci itu dia akan mudah berselancar mengarungi bahtera literasi.

"Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian" pribahasa populer ini memiliki arti untuk mencapai suatu kesuksesan seseorang harus mau bekerja keras.

Moga dengan selalu menggerakkan jari-jarimu dalam merangkai kata-kata menjadi tulisan dan Buku. Cang Ato diberikan kesembuhan total. Aamiin.

Salam Literasi

6 komentar:

Maryati mengatakan...

Tambah keren saja resumenya Pak Zaki

mutmainah mengatakan...

Kereen abiss

Ovi Ciomas mengatakan...

Semakin keren pak

KONSELING BAHAGIA mengatakan...

Alhamdulillah... Terima kasih

Amali Kurniawan mengatakan...

Yang pasti kerennya takkan abiis pak Zaky..makin ke sini makin Padimantul .

Susi Rita Sahara mengatakan...

Bernutrisi Pak...mantap

CARA MEMBUAT DAUR ULANG KERTAS

Jika anda pekerja diperkantoran biasanya ada kertas bekas lalu dibuang atau dihancurkan dengan mesin penghancur kertas. Kertas y...