Senin, 14 Maret 2022

MEMBUAT RESUME MENDUNIA


Narasumber : Phia Selfiarti, S.S., Cert., TEFL., M.Pd
Moderator : Muliadi

malam ini membuat resume mendunia
dibawakan oleh Ms. Phia
malam ini saya punya cerita
ceritanya dengan bahasa Indonesia

menyusun kata-kata menjadi artikel itu saja saya merasa bangga karena saya masih tahap pemula menjadi penulis. apalagi resumenya harus dibuat dengan bahasa Inggris. saya hanya bisa bilang 
"i love you full".😆

saya teringat kata-kata dari Om Jay, "menulislah setiap hari dan buktikan apa yang akan terjadi". saya baru bisa mengikuti jejaknya menulis artikel di kompassiana.com. sampai saat resume ini melayang di grup BM PGRI, artikel dikompasiana sudah 33 artikel. "saya bisa anda pun bisa".

untuk menggapai resume mendunia berbahasa Inggris, boleh dicoba, namun tidak bisa memaksakan perasaan ini yang sedang enjoy dengan menulis artikel step by step. demi mengikuti kata hati. seperti yang dikata ibu ketua (bunda imut) dalam resumenya; "jangankan untuk mendunia menyusun sepatah dua patah kalimatpun ketar-ketir".

Langkah Menyusun Resume Mendunia:
1. Tulis dengan bahasa mu sendiri
2. buat terjemahan resume melalui translate google
3. jika stagnan, minta bantuan Ms.Phia (Pakarnya)
4. bangun network internasional
5. Jangan malu 

Ms. Phia adalah seorang penerjemah langsung  dan juga sebagai translator, pokoke ahlinya dalam terjemah Inggris Indonesia dan Indonesia Inggris.

inilah buku pertamanya yang berbahasa ingris:


Ms Phia, anda guru hebat, guru kreatif dalam menterjemah Inggris - Indonesia dan Indonesia - Inggris. GoodLuck Ms.Phia.

Salam Literasi.






5 komentar:

Ms.Phia/Pro mengatakan...

Awesome, very effevlctive resume. Belajar adalah proses yang memberikan bonus bonus di penghujung selesainya. Semoga kita bisa belajar dan berproses bersama. Good luck!

mutmainah mengatakan...

Love you full juga laah🤣🤣 sesama yg enggk bisa bhs Inggris

Sahril Al Hamid mengatakan...

Semangat terus pak..

KONSELING BAHAGIA mengatakan...

ILike Your Comment. Thanks Ms.Phia, Ms.Imut, dan Mr.Sahril.

Ovi Ciomas mengatakan...

Keren pak Zaki lanjutkan mendunia

CARA MEMBUAT DAUR ULANG KERTAS

Jika anda pekerja diperkantoran biasanya ada kertas bekas lalu dibuang atau dihancurkan dengan mesin penghancur kertas. Kertas y...